Aspek Kepribadian Tokoh Laisa Dalam Novel Bidadari -Bidadari Surga Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Wicaksono, Prasetya and , Dr. Nafron Hasjim and , Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M. Hum. (2013) Aspek Kepribadian Tokoh Laisa Dalam Novel Bidadari -Bidadari Surga Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye; (2) mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh Laisa dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye dengan tinjauan psikologi sastra; (3) mendeskripsikan hasil penelitian ini sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye adalah metode deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh Laisa dalam novel Bidadari-Biddadari Surga karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, paragraf, serta peristiwa yang ada dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye yang diterbitkan oleh Republika, April tahun 2012. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa artikel dari internet yaitu wordpress. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik pembacaan semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) struktur novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye difokuskan pada: tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye yaitu kasih sayang dalam keluarga; alur yang digunakan adalah alur campuran; aspek penokohan yang berperan sebagai tokoh utama adalah Laisa, sedangkan tokoh tambahan adalah Mamak Lainuri, Dalimunte, Ikanuri, Wibisana, dan Yashinta; latar tempat pada novel Bidadari-Bidadari Surga yaitu di lembah ahambay; latar waktu dalam novel Bidadari-Bidadari Surga yakni masa kini dan masa lalu; latar sosial gabungan dari kebudayaan bermasyarakat, kebudayaan islami, dan dunia pendidikan. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, kepribadian Laisa dalam novel Bidadari-Bidadari Surga adalah (1) pekerja keras, (2) orang yang tegar, (3) penyayang dan pelindung keluarga, (4) taat kepada Allah dan orang tua. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai materi bahan ajar sastra di SMA, khususnya di kelas XI semester I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kepribadian, Novel Bidadari-Bidadari Surga, Psikologi Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2013 07:18
Last Modified: 27 Oct 2021 01:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27132

Actions (login required)

View Item View Item