KESIAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL HILAL RAWA LUMBU, BEKASI Tahun Ajaran 2008/2009

Safitra, Muhammad Suhandis (2008) KESIAPAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL HILAL RAWA LUMBU, BEKASI Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060100.pdf

Download (258kB)
[img] PDF
G000060100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah mulai menerapkan kurikulum baru pada tahun ajaran 2007/2008 yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai upaya penyempurnaan dan pengembangan dari kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004. KTSP memberikan otonomi yang luas kepada satuan pendidikan/sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat sekitarnya. Sekolah dituntut untuk mempersiapkan komponenkompenen pendidikan dalam rangka penerapan KTSP di sekolah masing-masing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesiapan sekolah dalam penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD Islam Al-Hilal Rawalumbu Bekasi Tahun ajaran 2008/2009 bila ditinjau dari komponenkomponen yang mendukung pelaksanaan KTSP?. Kemudian faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan KTSP di SD Islam Al Hilal Bekasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan SD Islam Al-Hilal dalam penerapan KTSP dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP di SD Islam Al-Hilal Rawalumbu Bekasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah SD Islam Al Hilal Rawalumbu Bekasi, dan obyek penelitian adalah kesiapan SD Islam Al Hila Rawalumbu Bekasi. Selain itu dapat mengembangkan hasil penelitian bagi SD Islam Al Hilal Rawalumbu Bekasi agar lebih maksimal dan baik dalam penerapan KTSP. Pendekatan penelitian dengan menggunakan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari individu obyek penelitian yang kompeten yakni Kepala Sekolah, guru, dan pegawai SD Islam Al Hilal Bekasi.. Sedangkan analisis data dengan menggunakan metode komparasi, yaitu perbandingan antara kerangka teoritik dengan fakta yang ada di lapangan, sehingga dari hasil komparasi tersebut dapat ditarik kesimpulan yang berupa datadata yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan KTSP di SD Islam Al-Hilal yang meliputi: kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidikan, siswa, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, dan layanan khusus belum sepenuhnya memiliki kesiapan yang baik. Kesiapan SD Islam Al Hilal Rawalumbu Bekasi dalam menerapkan kurikulum berjalan dengan baik, siswa, dan hubungan masyarakat berjalan dengan baik. Ketidaksiapan SD Islam Al Hilal dalam penerapan KTSP disebabkan karena kurangnya pengelolaan tenaga pendidikan, kurangnya layanan khusus di sekolah seperti UKS dan perpustakaan. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan layanan khusus dan perbaikan manajemen tenaga pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kurikulum, SD Islam Al Hilal, KTSP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 16 Jun 2009 02:04
Last Modified: 16 Nov 2010 20:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2712

Actions (login required)

View Item View Item