Hubungan Antara Ketidakpatuhan Minum Obat Dengankejadian Tuberculosis Paru Multi Drug Resistance (Tb MDR) Di Puskesmas Nogosari Boyolali

LOFVA, Widayanti Noer and , Winarsih Nur Ambarwati, S.Kep, Ns, ETN, M.Kep and , Endang Zulaicha, S.Kp (2013) Hubungan Antara Ketidakpatuhan Minum Obat Dengankejadian Tuberculosis Paru Multi Drug Resistance (Tb MDR) Di Puskesmas Nogosari Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Pasien tuberculosis diharuskan melakukan pengobatan dalam jangka panjang. Hal ini bertujuan agar dari pengobatan tersebut pasien dapat sembuh. Namun dalam praktiknya pasien tuberculosis sulit sekali untuk patuh dalam minum obat yang telah dianjurkan. Kondisi tersebut menjadikan pasien tuberculosis menjadi tidak patuh dan dapat mengakibatkan terjadinya Multi Drug Resistance. Hasil studi pendahuluan diperoleh data terjadi peningkatan pasien TB MDR, tahun 2011 sebanyak 26 pasien TB MDR, tahun 2012 sebanyak 29 pasien TB MDR dan tahun 2013 dari januari hingga Juli sudah 29 pasien TB MDR. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan Antara Ketidakpatuhan Minum Obat Dengan Kejadian Tuberkulosis Paru Multi Drug Resistance di Puskesmas Nogosari Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian adalah metode deskriptif korelatif yang menggunakan desain Study Retrospektif. Sampel penelitian adalah seluruh pasien TB dan TB MDR yang menjalani pengobatan di Puskesmas Nogosari Boyolali yang berjumlah 60 pasien sehingga pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrument penelitian ketidakpatuhan responden, menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas.Data yang diperoleh kemudian diuji secara statistic dengna menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian diketahui 25 responden (41,7 %) tidak patuh dalam minum obat dan 35 responden (58,3 %) patuh dalam minum obat. Terdapat 31 responden (51,6%) dalam kategori TB dan 29 responden (48,4%) masuk kategori TB MDR. Analisis data secara statistic Chi- Square diperoleh nilai ρ= 0,032. (ρ < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara ketidakpatuhan minum obat dengan kejadian tuberkulosis paru multi drug resistance di Puskesmas Nogosari Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketidakpatuhan, Pasien Tuberculosis Paru, Multi Drug Resistance
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 18 Dec 2013 12:14
Last Modified: 02 Jun 2016 00:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27112

Actions (login required)

View Item View Item