FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI SURAKARTA 1 TAHUN 2007/2008

MARDIMAN, MARDIMAN (2008) FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI SURAKARTA 1 TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060097.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
G000060097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Dalam sebuah lembaga atau institusi pendidikan kebanyakan pelaksanaan bimbingan dan konseling bertindak sebagai “polisi sekolah” yang mengedepankan kekerasan dalam pelaksanaannya. Sehingga hal ini menjadikan peran dan fungsi bimbingan dan konseling dalam mengatasi atau menyelesaikan sebuah permasalahan menjadi kurang berjalan sebagaimana mestinya. Padahal di sekolah atau di madrasah, para siswa banyak yang mengalami hambatan atau kendala dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga mengakibatkan para siswa kesulitan belajar. Penelitian fungsi bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Negeri Surakarta 1 ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs Negeri Surakarta 1 dan untuk mengetahui dengan jelas bagaimanakah fungsi bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswanya. Penelitian ini dilihat dari segi tempat termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktivitas yang ada. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif yaitu data digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa di MTs Negeri Surakarta 1 adalah kesulitan belajar pada pelajaran bahasa Inggris, bahasa Arab, dan matematika. Sedangkan fungsi bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswanya sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu ditandai dengan terkuranginya kesulitan belajar yang dialami mereka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, kesulitan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 16 Jun 2009 01:47
Last Modified: 16 Nov 2010 20:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item