Evaluasi Fasilitas Jalur Lambat Dan Trotoar Berdasarkan Persepsi Pengguna ( Studi Kasus Jl. Slamet Riyadi Surakarta Jawa Tengah )

Primasari, Devi Putri (2013) Evaluasi Fasilitas Jalur Lambat Dan Trotoar Berdasarkan Persepsi Pengguna ( Studi Kasus Jl. Slamet Riyadi Surakarta Jawa Tengah ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di sepanjang Jl. Slamet Riyadi Surakarta, banyak dijumpai jalur lambat dan trotoar di kiri maupun kanan jalan. Namun jalur lambat dan trotoar ini tidak digunakan sebagaimana mestinya. Penggunaan jalur tersebut sebagian besar beralih fungsi menjadi tempat parkir maupun berdagang. Pengalihan fungsi ini sangat mengganggu ruang gerak para pengguna. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui respon pengguna, hubungan antara kepadatan, kecepatan dan arus serta kinerja dari trotoar tersebut. Metode penelitian dalam penelitian ini pada tahap awal yaitu penentuan jumlah sampel untuk penyebaran kuisioner, dari variabel – variabel yang sudah ada dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui apakah data tersebut sudah valid dan reliable. Setelah variabel dinyatakan valid maka kuisioner siap untuk disebar. Dari data yang sudah terkumpul , kemudian dapat dilakukan pengolahan data terhadap apa yang akan ditinjau, yaitu respon responden, grafik model hubungan, dan kinerja. Model yang digunakan untuk mengetahui grafik model hubungan yaitu menggunakan model greenshild. Responden jalur lambat dan trotoar rata – rata merasa puas terhadap sebagian besar variable yang ada, namun dari masing – masing ada dua variable yang harus diperbaiki agar dapat memuaskan pengguna jalur lambat maupun trotoar. Berdasarkan olah grafik menggunakan metode Greenshild diperoleh hasil bahwa pada survai penelitian ini tidak cocok untuk digunakan pendekatan metode Greenshild. Trotoar pada segmen I memiliki laju arus rata – rata sebesar 1 ped/ft/menit dan kecepatan rata – rata 9,72 ft/detik, maka trotoar termasuk dalam kriteria tingkat pelayanan A. Sementara pada segmen II memiliki laju arus rata – rata memiliki laju arus rata – rata sebesar 5 ped/menit/ft dan kecepatan rata – rata 11,11 ft/detik, maka trotoar termasuk dalam kriteria tingkat pelayanan A.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jalur lambat, kendaraan tidak bermotor, trotoar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 08:07
Last Modified: 18 Dec 2013 08:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27104

Actions (login required)

View Item View Item