Perbandingan Analisis Faktor Keberhasilan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Bangunan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Super Market Lion Super Indo, Surakarta dan Semarang Jawa Tengah)

Pratama, Adytya Priya (2013) Perbandingan Analisis Faktor Keberhasilan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Bangunan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Super Market Lion Super Indo, Surakarta dan Semarang Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (389kB)

Abstract

Proyek Pembangunan Super Market Lion Super Indo merupakan proyek yang membutuhkan sumber daya besar. Sumber Daya Proyek yang terdiri dari man, money, materials, machine, and methode merupakan indikator keberhasilan proyek jika dimanfaatkan secara baik. Permasalahan penelitian ini: Faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan?.Bagaimana pengaruh Sumber Daya Proyek terhadap keberhasilan?. Bagaimana mengantisipasi masalah agar tidak melanggar kontrak?. Bagaimana perbandingan faktor internal dengan faktor external pada pelaksanaan?. Tujuan penelitian ini: Mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan, mengetahui pengaruh Sumber Daya Proyek terhadap pelaksanaan, mengantisipasi permasalahan pelaksanaan agar tidak menjadi perselisihan. Metode penelitian yang digunakan adalah menentukan lokasi, pengumpulan data, alat penelitian, tahapan penelitian, dan bagan alir penelitian. Studi kasus yang dibahas antara lain: menyelesaikan permasalahan pada Sumber Daya Proyek dari fungsi pekerjaan yang tidak siap menjadi siap, kemudian dilakukan Analisis SWOT untuk mendapatkan strategi penyelesaiannya. Dengan membandingkan faktor keberhasilan pelaksanaan kedua proyek dari fungsi pekerjaan yang tidak siap menjadi siap yakni di Surakarta yang pertama, keterlambatan pengiriman beton. Penyelesaian: melengkapi prosedur surat jalan. Kedua, pekerjaan pengecoran, anggaran biaya yang berhubungan keterlambatan pengiriman beton berdampak biaya operasional pelaksanaan lembur. Penyelesaian: audit biaya pengeluaran serta pengawasan pembelian bahan bakar alat bantu. Ketiga, tidak maksimalnya kerja 1 dari 3 vibrator. Penyelesaian: memperhatikan berapa lama waktu pemakaian serta memaksimalkan 2 dari 3 vibrator yang kondisinya baik. Sedangkan di Semarang yang pertama, minim jumlah tenaga kerja pekerjaan mecanical electrical. Penyelesaian: memaksimalkan tenaga lama dengan memberi pelatihan, memberi jaminan kesehatan, memberi uang insentif. Kedua, membengkaknya biaya yang berhubungan dengan perawatan excavator. Penyelesaian: menggunakan excavator seperlunya agar meminimalisir pengeluaran karena bahan bakar mahal. Ketiga, tidak maksimalnya kerja excavator pada pekerjaan galian tanah. Penyelesaian: meminimalisir kerusakan pada bucket diakibatkan penggunaan yang tidak sesuai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indikator, Analisis SWOT, kinerja
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:47
Last Modified: 18 Dec 2013 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27097

Actions (login required)

View Item View Item