Analisis Perbandingan Metode Pelaksanaan, Mutu Dan Biaya Konstruksi Gedung Menggunakan, Bata Press Dan Bata Konvensional Di Atmi Surakarta

haryono, Haryono (2013) Analisis Perbandingan Metode Pelaksanaan, Mutu Dan Biaya Konstruksi Gedung Menggunakan, Bata Press Dan Bata Konvensional Di Atmi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (454kB)

Abstract

Semakin pesatnya pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang konstruksi yang mendorong kita lebih memperhatikan standar mutu untuk dapat meningkatkan pembangunan yang lebih berkualitas. Salah satu alasan masyarakat masih mempercayai batu bata adalah dari segi estetikanya terlihat lebih berseni dibanding batako. Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan metode pelaksanaan, perbandingan mutu dan perbandingan biaya pelaksanaan pembangunan gedung bata press dan bata konvensional. Batu bata konvensional tekstur kasar, tidak rapi dan kadar kekerasannya tergantung pada kualitas bahan serta teknik pembakarannya, sedangkan bata press teksturnya lebih halus, ukurannya sama dan kekuatannya lebih baik. Berdasarkan analisis perhitungan di dapat metode pelaksanaan batu bata press untuk pemotongan batu bata press menggunakan gerenda/cutter, waktu pemasangannya lebih cepat dan hasilnya lebih rapi, membutuhkan lebih banyak pekerjaan, untuk metode pelaksanaan batu bata konvensional pemotongan batu bata konvensional menggunakan cetok, waktu pemasangan kurang cepat, hasilnya kurang rapi karena tekstur batanya yang tidak sama, membutuhkan lebih sedikit pekerja. Dilihat dari kuat tekan bata konvensional merk Gendhit sebesar 1,645 N/mm², sedangkan kuat tekan bata press merk Gendhit sebesar 6,934 N/mm². Biaya pelaksanaan pekerjaan pasangan dinding menggunakan material bata press per m² adalah sebesar Rp 78.952,13 sedangkan biaya pelaksanaan pekerjaan pasangan dinding menggunakan material bata konvensional adalah sebesar Rp 71.202,13, adapun selisihnya adalah Rp 7.750,00 per m², lebih mahal menggunakan batu bata press.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Press brick, cost, conventional, implementation method, quality.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Dec 2013 11:42
Last Modified: 17 Dec 2013 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item View Item