Evaluasi Perbandingan Persepsi Pedestrian (Pejalan Kaki) Terhadap Fasilitas Jembatan Penyeberangan (Studi Kasus : Jl. Teuku Umar Semarang)

Wulandari, Listya (2013) Evaluasi Perbandingan Persepsi Pedestrian (Pejalan Kaki) Terhadap Fasilitas Jembatan Penyeberangan (Studi Kasus : Jl. Teuku Umar Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Di kota-kota besar seperti kota Semarang tentunya sangat memerlukan fasilitas penyeberangan yang aman dan nyaman seperti jembatan penyeberangan yang mendukung segala prasarana yang ada di kota Semarang, terutama di pusat perbelanjaan. Salah satu tempat perbelanjaan yang sangat membutuhkan fasilitas jembatan penyeberangan adalah di depan Pasar Jatingaleh di Jl. Teuku Umar tepatnya Semarang. Hal ini dikarenakan padatnya lalu lintas di jalan tersebut dan jumlah pejalan kakinya cukup banyak, kondisi inilah yang mendukung dibangunnya fasilitas jembatan penyeberangan demi membantu memudahkan pejalan kaki dalam menyeberang jalan dan demi keamanan serta keselamatan pejalan kaki. Metode penelitian dalam penelitian ini pada tahap awal adalah penentuan jumlah sampel untuk penyebaran kuisioner kepada responden jembatan penyeberangan, kemudian dari variabel-variabel pertanyaan yang sudah ada maka diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian setelah variabel yang ditanyakan valid dan reliabel maka semua data yang dibutuhkan dapat dihitung dan diketahui apa yang akan ditinjau, yaitu karakteristik pengguna jasa, intensitas menggunakan jembatan penyeberangan, serta kepuasan responden laki-laki dan perempuan. Karakteristik responden pengguna jembatan penyeberangan adalah lakilaki dan perempuan masing-masing 50% dengan mayoritas usia 11-18 tahun yang berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa dan rata-rata menyatakan sering menggunakan jembatan penyeberangan. Sebagian variabel memiliki nilai modus 1 dan 2 yaitu variabel yang termasuk dalam dimensi keselamatan, kenyamanan, keamanan, dan hambatan, maka bisa diambil kesimpulan bahwa kinerja jembatan penyeberangan tidak memuaskan dan perlu diadakan perbaikan. Dengan demikian Pemda Semarang selaku pihak penyedia jasa harus meningkatkan kualitas fasilitas jembatan penyeberangan Jl. Teuku Umar Semarang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Penyeberangan, Pedestrian, Persepsi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Dec 2013 08:59
Last Modified: 16 Dec 2013 08:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27090

Actions (login required)

View Item View Item