Hubungan Antara Pengetahuan Serat Dan Konsumsi Serat dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta

, Rusmiyati and , Dyah Widowati, SKM and , Rustiningsih, SKM., M.Kes (2013) Hubungan Antara Pengetahuan Serat Dan Konsumsi Serat dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Pendahuluan: Masalah gizi timbul karena perilaku gizi yang salah. Perilaku gizi yang salah adalah ketidakseimbangan antara konsumsi gizi dan kecukupan gizi. Pengetahuan gizi sangat berpengaruh terhadap konsumsi yang baik dalam memilih makanan yang berserat tinggi. Serat makanan adalah pemahaman yang berkaitan dengan serat makanan meliputi jenis dan sumber serat makanan, konsumsi serat makanan yang dianjurkan per hari serta manfaat dan kerugian apabila mengkonsumsi serat makanan kurang maupun lebih, supaya tidak menyebabkan terjadinya obesitas pada remaja. Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan serat dan konsumsi serat dengan kejadian obesitas pada remaja di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta Metode Penelitian: Penelitian dilakukan di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta pada bulan April- Mei 2012. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan uji pearson product moment. Subjek penelitian berjumlah 50 subjek penelitian Hasil: Berdasarkan data pengetahuan serat makanan dari 50 subjek penelitian tingkat pengetahuan baik sebanyak 31 (62%), pengetahuan tidak baik sebanyak 19 (38%). Konsumsi serat dari 50 subjek penelitian, didapatkan bahwa konsumsi serat remaja secara keseluruhan tidak baik. Sedangkan data status gizi dari 50 subjek penelitian terdapat 30 (60%) obesitas dan 20 (40%) tidak obesitas. Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bemakna antara pengetahuan serat dan konsumsi serat dengan kejadian obesitas pada remaja di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Serat, Konsumsi Serat, Kejadian Obesitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2013 07:42
Last Modified: 09 Sep 2022 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27086

Actions (login required)

View Item View Item