Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Makanan dan Tingkat Kepuasan dengan Sisa Makanan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Cahyawari, Metiara Mulia and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Sri Maryani, S.Gz (2013) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Makanan dan Tingkat Kepuasan dengan Sisa Makanan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Program pengaturan Diit Diabetes Mellitus (DM) diberikan kepada para penderita, tetapi masih banyak penderita DM yang belum dapat melaksanakan program diit yang telah diberikan. Hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya sisa makanan pada diit DM. Komponen penting dalam kesuksesan penyelenggaraan makanan rumah sakit adalah berorientasi pada sisa makanan pasien. Untuk mengurangi sisa makanan pasien dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan makanan dan kepuasan terhadap makanan yang disajikan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan makanan dan tingkat kepuasan dengan sisa makanan pasien diabetes mellitus tipe II rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan selama 3 bulan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 30 pasien DM tipe II sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara metode Comstock (3 x 24 jam) untuk menentukan sisa makanan, sedangkan data kualitas pelayanan makanan dan tingkat kepuasan menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah pearson product moment Hasil Penelitian : Karakteristik responden pada kelompok DM tipe II berdasarkan umur responden sebagian besar (76,7%) adalah berumur > 45 tahun, jenis kelamin responden sebagian besar (60%) adalah perempuan, pendidikan responden sebagian besar (53,3%) adalah berpendidikan dasar, pekerjaan responden sebagian besar (36,6%) adalah ibu rumah tangga, sisa makanan banyak terdapat pada jenis makanan pokok dan nabati sebesar (53,3%), serta sayur sebesar (66,7%), penilaian kualitas pelayanan makanan responden sebagian besar (53,3%) adalah kategori baik, dan penilaian tingkat kepuasan responden sebagian besar (60%) adalah kategori puas. Kesimpulan: Ada hubungan antara kualitas pelayanan makanan dengan sisa makanan(p = 0,023). Ada hubungan antara tingkat kepuasan dengan sisa makanan (p = 0,008).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sisa Makanan, Kualitas Pelayanan Makanan, Tingkat Kepuasan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2013 12:21
Last Modified: 09 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27080

Actions (login required)

View Item View Item