Hubungan Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta

Cahyaningrum, Puspa and , Endang Nur Widyaningsih, S.ST.,M.Si,Med. and , Eni Purwani, S.Si., M.Si (2013) Hubungan Mutu Pelayanan Gizi dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan indikator dari keberhasilan pelayanan rumah sakit. Kepuasan pasien terkait dengan beberapa dimensi mutu pokok. Dimensi mutu pokok yang perlu dipenuhi adalah reliabilitas (kehandalan), daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung/fisik. Kelima dimensi mutu tersebut dikenal sebagai service quality. Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta merupakan salah satu rumah sakit swasta di Kota Surakarta. Rumah Sakit Panti Waluyo melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan gizi. Tujuan: Mengetahui hubungan mutu pelayanan gizi dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Metode penelitian: Desain penelitian ini adalah studi cross-sectional. Jenis penelitian bersifat kuantitatif yang diambil menggunakan kuesioner serta wawancara terhadap 55 responden. Data terdiri dari penilaian mengenai persepsi, harapan pasien terhadap pelayanan gizi yang akan menghasilkan mutu pelayanan, serta data kepuasan berdasarkan aspek kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik/langsung. Data yang terkumpul diuji dengan menggunakan uji koefisien korelasi Rank Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara keseluruhan berhubungan dengan kepuasan pasien. Hasil uji analisis hubungan diperoleh dengan koefisien korelasi sebesar 0. 833 serta taraf kritik 0. 000. Kepuasan pasien te rhadap pelayanan gizi dari aspek kehandalan, jaminan, dan bukti langsung/fisik termasuk kategori “puas”, sedangkan untuk aspek daya tanggap dan empati adalah kategori “cukup puas” Kesimpulan: Ada hubungan antara mutu pelayanan gizi dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan Gizi, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2013 12:06
Last Modified: 09 Sep 2022 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27077

Actions (login required)

View Item View Item