Hubungan Asupan Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Sangkrah dan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta

Hastuti, Whinita Dwi and , Ir. Listyani Hidayati, M.Kes and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes (2013) Hubungan Asupan Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Sangkrah dan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Pendahuluan: Anak prasekolah merupakan kelompok rawan gizi, sehingga memerlukan asupan gizi yang baik. Ketidakseimbangan asupan gizi, baik kelebihan maupun kekurangan akan mengakibatkan masalah gizi pada anak usia prasekolah. Pada penelitian ini dilakukan di kelurahan Sangkrah dan Semanggi dikarenakan sebelumnya telah dilakukan penelitian pendahuluan yang menunjukkan sebesar 42,85% subjek mempunyai status gizi kurang. Tujuan: Mengetahui hubungan asupan energi, protein, lemak, dan karbohidrat dengan status gizi pada anak usia prasekolah di Kelurahan Sangkrah dan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Metode Penelitian: Jenis Penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan crossectional. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sangkrah dan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 54 subjek. Status gizi subjek dihitung dengan menggunakan Z-score dengan indikator BB/U, penilaian asupan makan dilakukan dengan menggunakan recall 24. Uji data menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 61,1% subjek mempunyai status gizi normal dan 38,95% subjek mempunyai status gizi tidak normal. Asupan energi subjek tidak baik adalah 100%, asupan protein subjek 81,5% tidak baik, asupan lemak subjek 92,4% tidak baik dan asupan karbohidrat subjek 96,2% tidak baik. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan tidak ada hubungan asupan energi, asupan potein, asupan lemak dan asupan karbohidrat dengan status gizi. Kesimpulan: Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan asupan energi, asupan protein, asupan lemak dan asupan karbohidrat dengan status gizi pada anak usia prasekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asupan Energi, Asupan Karbohidrat, Asupan Lemak Dan Asupan Protein, Status Gizi Anak Prasekolah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2013 08:08
Last Modified: 09 Sep 2022 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item View Item