Hubungan Antara Aktifitas Fisik Dan Konsumsi Tablet Fe dengan Status Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja PUSKESMAS Kerjo Kabupaten Karanganyar

Wiharjo, Meisita Hesty and , Endang Nur Widyaningsih, S.ST.,M.Si,Med. and , Toto Suharto, SKM., M.Kes. (2013) Hubungan Antara Aktifitas Fisik Dan Konsumsi Tablet Fe dengan Status Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja PUSKESMAS Kerjo Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Pendahuluan : Anemia merupakan salah satu faktor resiko yang dapat meningkatkan resiko komplikasi berupa perdarahan yang merupakan penyebab terbesar kematian ibu hamil tidak saja di Indonesia tetapi di dunia secara kesuluruhan. Banyak faktor yang terkait dengan status anemia ibu hamil yaitu status sosial ekonomi, perolehan tablet zat besi (Fe) serta tidak efektifnya sintesis DNA karena kekurangan cobalamin (vitamin B12) atau folat. Beberapa faktor lain yang menyebabkan anemia pada ibu hamil diantaranya aktifitas fisik dan konsumsi zat gizi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktifitas fisik dan konsumsi tablet Fe dengan status anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kerjo Kabupaten Karanganyar. Metode Penelitian : Desain penelitian observasional dengan rancangan cross sectional dengan jumlah 49 subyek yang dipilih secara konsekutif yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Data aktifitas fisik diperoleh dengan recall 24 jam aktifitas fisik yang diambil selama 7 hari berurutan, data konsumsi tablet Fe diperoleh menggunakan kuesioner dengan menanyakan konsumsi tablet Fe yang diperoleh dengan menghitung jumlah selisih tablet Fe yang tersisa dari total yang diberikan puskesmas. Kadar hemoglobin diukur dengan metode cyanmethaemoglobin. Uji statistik menggunakan uji Chi Square. Hasil : Aktifitas fisik ibu hamil rata-rata dikategorikan sedang (57,1%) , konsumsi tablet ibu hamil rata-rata termasuk kategori cukup (53,1%), dan 44,9% ibu hamil anemia. Hasil uji Chi Square aktifitas fisik berdasarkan status anemia menunjukkan nilai p=0,869, p > 0,05. Hasil uji Chi Square konsumsi tablet Fe berdasarkan status anemia menunjukkan p = 0,035, p < 0,05. Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara aktifitas fisik dengan status anemia pada ibu hamil. Ada hubungan antara konsumsi tablet Fe dengan status anemia pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktifitas fisik, Konsumsi tablet Fe, Anemia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2013 07:55
Last Modified: 13 Sep 2022 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27066

Actions (login required)

View Item View Item