Perceraian Dan Akibat Hukumnya Suatu Analisis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Surakarta Nomor : 0689/Pdt.G/2012/Pa.Ska

Shina, Aulia and , Johana Yusak, S.H., M.Ag., and , Mutimatum Ni’ami, S.H., M.Hum. (2013) Perceraian Dan Akibat Hukumnya Suatu Analisis Terhadap Putusan Pengadilan Agama Surakarta Nomor : 0689/Pdt.G/2012/Pa.Ska. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (761kB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi yang berjudul “PERCERAIAN DAN AKIBAT HUKUMNYA SUATU ANALISIS TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SURAKARTA NOMOR : 0689/PDT.G/2012/PA.SKA” yang telah disusun oleh penulis, dengan latar belakang Di dalam masyarakat tidak jarang terjadi kegagalan dalam membina rumah tangganya yang disebabkan oleh masalah-masalah duniawi yang dialami oleh sepasang suami-istri. Sehingga sering timbul ketidak kesepakatan dan pandangan hidup yang berbeda antara suami dan istri di dalam kehidupan rumah tangganya. Bahkan sampai menimbulkan perselisihan dan permusuhan antara suami dan istri, walaupun usaha damai telah diupayakan. Sering dijumpai di dalam masyarakat, suatu kehidupan perkawinan karena suatu sebab menjadi demikian buruknya sehingga tidak dapat diperbaiki lagi, maka akan lebih baik bila perkawinan itu diputuskan dari pada berlangsung terus. Dengan diputuskannya tali perkawinan dipandang sebagai jalan terakhir bagi kedua belah pihak setelah diusahakan adanya upaya perdamaian yang gagal, sehingga perkawinan tersebut sudah tidak dapat dipertahankan lagi, dan timbulah perceraian. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian hukum doktrinal. Yaitu suatu penelitian yang yang bersumber dari undang-undang atau peraturan hukum yang berlaku serta doktrin-doktrin. Penelitian ini juga mendasarkan pada penelitian hukum non-doktrinal yang kualitatif. Hal ini disebabkan di dalam penelitian ini, hukum tidak hanya dikonsepkan sebagi keseluruhan asas-asas dan kaidah yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, melainkan meliputi pula lembaga-lembaga dan proses-proses yang mewujudkan berlakunya kaidah-kaidah itu dalam masyarakat, sebagai perwujudan makna-makna simbolik dari pelaku sosial, sebagaimana termanifestasi dan tersimak dalam dan dari aksi dan interkasi antar mereka. Penulis melakukan penelitian di kantor Pengadilan Agama Surakarta sebagai Lembaga Hukum yang menyelesaikan masalah perceraian untuk individu yang beragama muslim dengan cara memutuskan ikatan pernikahan atara pihak yang ingin bercerai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perceraian, Pengadilan Agama
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Dec 2013 09:17
Last Modified: 03 Nov 2021 14:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item