Pengaruh Back Abdominal Massage Dan Senam Dysmenorrhea Terhadap Penurunan Nyeri Dysmenorrhea Siswi Remaja Putri SMA Negeri 1 Tuntang

Sulistowati, Yeni and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, (2013) Pengaruh Back Abdominal Massage Dan Senam Dysmenorrhea Terhadap Penurunan Nyeri Dysmenorrhea Siswi Remaja Putri SMA Negeri 1 Tuntang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (451kB)

Abstract

Latar Belakang: Dysmenorrhea adalah nyeri haid yang terasa di perut bagian bawah dan muncul sebelum, selama atau setelah menstruasi. Dysmenorrhea disebabkan ketidakseimbangan hormon progesteron dalam darah, prostaglandin, dan faktor stress/psikologis mengakibatkan dysmenorrhea pada beberapa wanita. Dari data yang didapat, dismenore ini mengganggu setidaknya 50% wanita masa reproduksi dan 60-85% pada usia remaja, yang mengakibatkan banyaknya absensi pada sekolah maupun kantor. Untuk mengatasi hal tersebut sebagian wanita menggunakan obat yang berfungsi secara kuratif. Dalam penelitian akan memberikan alternatif terapi yang sederhana, mudah dilakukan dan bersifat preventif. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh beda antara back abdominal massage dan senam dysmenorrhea terhadap penurunan nyeri dysmenorrhea siswi remaja putri. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan quasi exsperiment dalam dua kelompok dengan two group pre post test design dimana melakukan pengukuran variabel dua kali, sebelum dan sesudah pelakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi SMA N 1 Tuntang. Sampel yang mengalami dysmenorrhea primer 20 orang dengan rincian kelompok back abdominal massage 10 sampel, sedangkan kelompok senam dysmenorrhea 10 sampel. Sampel tersebut akan diukur intensitas nyeri dysmenorrhea dengan menggunakan derajat dysmenorrhea, dan kemudian dianalisa dengan uji statistika. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney didapatkan hasil P=0,648, karena hasil tidak mendapatkan hasil yang signifikan secara statistika dengan demikian kita dapat menerima hipotesis H null diterima maka kesimpulannya bahwa antara back abdominal massage dan senam dysmenorrhea sama-sama menurunkan itensitas nyeri dysmenorrhea.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dysmenorrhea, Back Abdominal Massage,Senam Dysmenorrhea, Intensitas nyeri
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2013 13:09
Last Modified: 09 May 2016 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item View Item