Pengaruh Latihan Plyometrik Leg Press Training Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Tungkai Dan Tinggi Lompatan Pada Pemain Bola Basket Di SMPN 26 Surakarta

Setiyoko, Pandu and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, (2013) Pengaruh Latihan Plyometrik Leg Press Training Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Tungkai Dan Tinggi Lompatan Pada Pemain Bola Basket Di SMPN 26 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (736kB)

Abstract

Gerakan lompatan dalam bola basket sangat penting, terlebih untuk gerakan mencetak skor, atau mengoper untuk menghindari blocking dari musuh, olahraga dalam pelaksanaan membutuhkan kesiapan fisik, kesiapan fisik ini untuk beradaptasi dengan sistem energi utama dari suatu cabang olahraga. Untuk meningkatkan kekuatan otot latihan harus dilakukan secara berulang-ulang. Terdapat latihan untuk menaikkan kekuatan otot salah satunya adalah latihan pliometrik dimana salah satu latihan plimetrik tersebut adalah pliometrik leg press training. Plyometrik leg press training sendiri adalah latihan kekuatan yang bertujuan untuk meningkatkan daya ledak otot sehingga dapat mengoptimalkan kinerja otot dalam penampilan olahraga. Dalam hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kekuatan otot dan tinggi lompatan pada pemain bola basket. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen, dengan pendekatan pre and post test design with control group design untuk mengetahui pengaruh latihanplyometrik leg press training terhadap peningkatan tinggi lompatan pada pemain bola basket. Dari hasil uji komparatif nilai vertical jump dan leg dynamometer padawilcoxon test mendapatkan hasil p < 0,05 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh pemberian plyometrik leg press training. Sedangkan pada uji beda pengaruh mann whitney test mendapatkan nilai p < 0,05 yang menunjukkan ada perbedaan pengaruh antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Diharapkan akan adanya penelitian selanjutnya dengan menambah jumlah variabel dan penilaian lain yang diteliti guna memperluas penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Plyometrik,Leg press training, vertical jump
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2013 12:47
Last Modified: 09 May 2016 01:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27041

Actions (login required)

View Item View Item