Siaran Televisi Dan Anak: Studi Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Tayangan Infotainment

Dewi, Mashita and , Kelik Wardino, S.H., M.H. and , Inayah, S.H., M.H. (2013) Siaran Televisi Dan Anak: Studi Tentang Perlindungan Hukum Terhadap Tayangan Infotainment. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (514kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perlindungan anak sebagai konsumen televisi pada tayangan Infotainment. Infotainment adalah salah satu jenis pengembangan bahasa yang kemudian menjadi istilah populer untuk berita ringan yang menghibur atau informasi hiburan. Anak secara khusus adalah sebagai konsumen menonton acara infotaiment. Seharusnya adanya perlindungan terhadap anak juga dapat dijadikan solusi bagi terbatasnya tayangan-tayangan infotaiment yang mengudara di televisi. Disebutkan di dalam Undang-Undang No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak seperti yang terdapat di dalam pasal 1 angka 12, yaitu: “Hak anak adalah bagian dari hak azasi manusia yang wajib dijamin dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara.” Tujuannya adalah mengetahui peraturan perundang-undangan ini dapat melindungi anak atau tidak dapat melindungi anak dalam hal sebagai konsumen program pertelevisian dalam tayangan infotainment. Kesimpulannya adalah di dalam 3 peraturan perundang-undangan yang mengatur perlindungan anak sebagai konsumen, yaitu Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran, Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen tidak memberikan perlindungan hukum bagi anak di dalam 12 acara infotainment di 3 stasiun televisi yang penulis teliti sebagai objek penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak, Infotainment, Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2013 11:37
Last Modified: 27 Oct 2021 02:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item