Hubungan Antara Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik Dengan Kecenderungan Somatisasi Pada Siswa Kelas X Di SMA Al-Islam 1 Surakarta

Mazaya, Nicky Irsalina and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2013) Hubungan Antara Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik Dengan Kecenderungan Somatisasi Pada Siswa Kelas X Di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (679kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (457kB)

Abstract

Somatisasi terjadi akibat dari kondisis stres, yang berasal dari stressor kehidupan. Terjadinya stres pada individu karena individu gagal dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Pada kenyataannya beberapa siswa tidak dapat menyesuaikan dirinya dengan baik. Apabila siswa memiliki penyesuaian diri yang baik, siswa dapat bereaksi secara efektif terhadap situasi yang berbeda, dapat memecahkan konflik tanpa menggunakan tingkah laku simtomatik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah ada hubungan antarapenyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderunmgan somatisasi, 2) mengetahui sumbangan efektif penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan somatisasi, 3) mengetahui tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik, 4) mengetahui tingkat kecenderungan somatisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat ukur skala. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMA Al Islam 1 Surakarta kelas X. Data variabel penelitian diungkap dengan skala penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dan skala somatisasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh korelasi koefisien rxy = - 0,282 dengan sig. = 0,017; p < 0,05, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, sehingga dapat dikatakan ada hubungan negatif yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan somatisas. Sumbangan efektif sebesar 7,9% dan sisanya 92,1% dipengaruhi variabel lain. Tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik termasuk ke dalam kategori tinggi dengan rerata empirik sebesar 42,79%. Tingkat kecenderungan somatisasi termasuk ke dalam kategori rendah dengan rerata empirik sebesar 14,61. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan negatif yang signifikan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan somatisasi. Hal tersebut mengandung pengertian bahwa semakin tinggi penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik maka semakin rendah kecenderungan somatisasi siswa ketika berada di sekolah, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik, kecenderungan somatisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 07:58
Last Modified: 27 Oct 2021 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27021

Actions (login required)

View Item View Item