Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Pembelajaran Stad Siswa Kelas V SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013 / 2014

Winarti, Yeti and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Pembelajaran Stad Siswa Kelas V SD IT Abu Bakar Ash Shidiq Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (514kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metoda pembelajaran STAD pada siswa kelas V semester 1 SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jenis penetitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan dan siswa kelas VA. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan,rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan penyusunan laporan. Proses penelitian sendiri dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini dengan komparatif kritis yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar di kelas V semester 1 SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati tahun pelajaran 2013- 2014. Sebelum pelaksanaan tindakakn diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 30%. Dan rata rata pada siklus I meningkat menjadi 40%. Dan rata rata pada siklus II meningkat menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semester 1 SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati tahun ajaran 2013/2014 pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar, hasil belajar IPA, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:47
Last Modified: 31 Oct 2021 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27018

Actions (login required)

View Item View Item