Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD N Langgenharjo 02 Tahun Pelajaran 2013/2014

Hartini, Hartini and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas IV SD N Langgenharjo 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Pada umumnya pengajaran IPA di sekolah sampai saat ini masih konvensional yaitu guru yang aktif menjelaskan materi sedangkan siswa hanya mendengar dan mencatat, itu mempengaruh rendahnya motivasi belajar siswa SDN Langgenharjo 02, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka dan organ tubuh manusia peneliti menggunakan metode diskusi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-September 2013. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan peneliti sebagai pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu perencanaan dan pengumpulan data, serta siswa kelas IV yang berjumlah 22 sebagai subjek penerima tindakan. Tehnik penggumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi pra siklus, siklus I dan Siklus II, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dilihat dari Terdapat peningkatan antusias siswa pra siklus 40.80%, siklus I, 60.90 % siklus II, 78.09%. Terdapat peningkatan semangat belajar yaitu pada prasiklus 50.09%, siklus I, 58.58%, Siklus II, 78.40%. Terdapat peningkatan dalam berani berpendapat saat kegiatan belajar mengajar yaitu pra siklus 50.01%, siklus I 61.59%, Siklus II 78.40%. terdapat peningkatan dalam kecepatan mengerjakan tugas Prasiklus 50.30% siklus I 60.45%, siklus 78.65% Sehingga dengan penerapan metode pembelajaran diskusi mampu meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Langgenharjo 02. Hasil belajar IPA dibuktikan mengalami peningkatan ketuntasan, prosentase ketuntasan yang di peroleh pra siklus sebesar 50.04% atau sebanyak 9 Siswa prosentase ketuntasan, pada siklus I yang diperoleh 60.45 % atau sebanyak 13 siswa, prosentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus II yang diperoleh 80.90% atau sebanyak 20 siswa yang antusias.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; motivasi-belajar; metode diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:27
Last Modified: 31 Oct 2021 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27016

Actions (login required)

View Item View Item