Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VB SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Tahun 2013/2014

Nuryantini, Nuryantini (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas VB SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika melalui strategi pembelajaran jigsaw pada siswa kelas VB SDIT Abu Bakar Ash Shidiq tahun 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD IT Abu Bakar Ash Shidiq tahun 2013/2014 sebanyak tiga puluh siswa, terdiri atas tujuh belas siswa laki-laki dan tiga belas siswa perempuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, tetapi keduanya dianalisis secara kualitatif . Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis interaktif, yaitu menganalisis dan menarik kesimpulan data-data sesuai dengan jumlah siklus yang dilaksanakan, data diperoleh dan dianalisis pada kondisi awal, kondisi siklus I, dan kondisi siklus II yang berupa data kualitatif maupun hasil observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa. Keberhasilan tersebut dapat terlihat adanya peningkatan persentase kreativitas dari tahap pra siklus, siklus I, hingga siklus II. Pada tahap pra siklus menunjukkan persentase yang rendah, yaitu 27% yang sudah memenuhi kriteria kreativitas belajar. Pada siklus I terdapat peningkatan sebesar 26% yaitu menjadi 53% siswa telah memenuhi kriteria kreativitas belajar. Pada siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 30% yaitu 83% siswa telah memenuhi kriteria kreativitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VB SDIT Abu Bakar Ash Shidiq tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar matematika, strategi pembelajaran, jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:01
Last Modified: 14 Dec 2013 21:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27015

Actions (login required)

View Item View Item