Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Ernawati, Ernawati and , Drs. Suwarno, M Pd (2013) Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan strategi picture and picture. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Gelur pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek Siswa kelas IV SDN Gelur yang berjumlah 11 siswa dan obyeknya adalah motivasi dan hasil belajar serta strategi picture and picture.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator motivas belajar IPS adalah sebagai berikut:(1) kuatnya kemauan untuk berbuat; (2) ketekunan dalam mengerjakan tugas; (3) jumlah waktu yang disediakan untuk belajar lebih cepat dari waktu yang disediakan; (4) dapat mempertahankan pendapatnya; (5) lebih senang bekerja mandiri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi picture and picture. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui motivasi belajar motivasi belajar siswa dari setiap siklusnya sebelum pembelajaran/ pra siklus (47%), siklus I meningkat (56%), dan siklus II meningkat (84%). Hasil belajar siswa dari setiap siklusnya sebelum pembelajaran/ pra siklus (27%), siklus I meningkat (45%), dan siklus II meningkat (91%). Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran picture and picture.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, motivasi dan hasil belajar IPS, Strategi picture and picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2013 11:48
Last Modified: 31 Oct 2021 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27014

Actions (login required)

View Item View Item