Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pelayanan Keperawatan Dengan Kepercayaan (Trust) Terhadap RSUD Dr. Moewardi

Pahlevi, Jefri Reza and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2013) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pelayanan Keperawatan Dengan Kepercayaan (Trust) Terhadap RSUD Dr. Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (537kB)

Abstract

Kepercayaan terhadap RSUD merupakan keyakinan yang dimiliki oleh pasien terhadap system pelayanan rumah sakit dalam membantu pasien untuk sembuh. Kenyataannya akan selalu ada pasien yang belum sepenuhnya percaya kepada rumah sakit. Kepercayaan terhadap RSUD timbul karena penilaian yang positif dari pasien terhadap pelayanan yang diberikan tenaga perawat di RSUD. Karena perawatlah yang menjadi ujung tombak pelayanan dirumah sakit dan melayani pasien rawat inap selama 24 jam. Pelayanan yang baik dapat membentuk persepsi positif pada pasien, persepsi positif tersebut mempengaruhi kondisi psikologis pasien yang berujung pada yakin dan percaya pada rumah sakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan kepercayaan terhadap RSUD Dr. Moewardi. 2) Untuk mengetahui tingkat persepsi terhadap pelayanan keperawatan RSUD Dr. Moewardi. 3) Untuk mengetahui tingkat kepercayaan terhadap RSUD Dr. Moewardi. 4) Untuk mengetahui SE (Sumbangan Efektif) antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan kepercayaan terhadap RSUD Dr. Moewardi. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan kepercayaan terhadap RSUD. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yaitu pasien rawat inap kelas I, II, III RSUD Dr. Moewardi yang menempati ruang Mawar 1, Melati 1 dan 3, Anggrek 2, serta Aster 5 yang telah diseleksi dengan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik usia 27 tahun keatas dan sudah mengalami lebih dari satu kali rawat inap di RSUD Dr. Moewardi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala, yaitu skala persepsi terhadap pelayanan keperawatan dan skala kepercayaan terhadap RSUD dan dianalisis dengan teknik analisis product moment. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan kepercayaan terhadap RSUD ditunjukkan dengan nilai (r) = (r) = 0,370 dan (p) = 0,000 (p < 0,01). 2) Tingkat persepsi terhadap pelayanan keperawatan RSUD Dr. Moewardi tergolong sedang. 3) Tingkat kepercayaan terhadap RSUD Dr. Moewardi tergolong sedang. 4) Sumbangan efektif persepsi terhadap pelayanan keperawatan dengan kepercayaan terhadap RSUD Dr. Moewardi sebesar 17,3%, ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) = 0,173.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan pelanggan, kepercayaan terhadap perusahaan, persepsi terhadap pelayanan keperawatan, rumah sakit
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2013 07:02
Last Modified: 27 Oct 2021 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item View Item