Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Audit, Kepemilikan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2011)

Wibowo, Arif and , Wahyono, Drs, Ak, MA. (2013) Analisis Pengaruh Faktor Perusahaan, Kualitas Audit, Kepemilikan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prediksi pengeluaran opini audit going concern menjadi perhatian tersendiri bagi auditor dan shareholder. Pada saat ini tanggung jawab auditor tidak hanya memeriksa laporan keuangan atau mendeteksi kecurangan dalam laporan keuangan, tetapi juga sanggup memprediksi dan menilai kemampuan perusahaan dalam melangsungkan hidupnya (going concern). Hal ini terjadi karena adanya permintaan dari shareholder untuk memberikan early warning atau informasi peringatan sejak awal mengenai prospek perusahaan di masa mendatang, sehingga dapat dijadikan referensi bagi shareholder dalam pengambilan keputusan investasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi pengaruh Debt Default, Opini Audit tahun Sebelumnya, Kualitas Audit, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011. Perusahaan dipilih berdasarkan metode purposive sampling dengan periode pengamatan 3 tahun dan metode analisis data yang digunakan adalah regresi logistik. Berdasarkan penelitian ini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa Debt Default tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, opini audit tahun sebelumnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, kualitas audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Debt Default, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Kualitas Audit, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2013 12:50
Last Modified: 30 Oct 2021 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item