Peningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN Dukuhmulyo 02 Tahun Pelajaran 2013/2014

Saudah, Siti and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN Dukuhmulyo 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (556kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian adalah guru kelas V SDN Dukuhmulyo 02 dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswasiswi kelas V yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kuantitatif dengan metode alur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kreativitas belajar IPA siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indicator peningkatan ketrampilan berpikir lancar sebelum tindakan 30%, pada siklus I sebesar 45%, dan pada siklus II mencapai 87%; ketrampilan berfikir luwes sebelum tindakan 36%, pada siklus I sebesar 53%, dan pada siklus II mencapai 85%; ketrampilan berfikir orisinil sebelum siklus 33%, pada siklus I sebesar 53%, dan pada siklus II mencapai 88%; ketrampilan memperinci sebelum siklus 30%, pada siklus I sebesar 54%, dan pada siklus II mencapai 92%; dan ketrampilan berfikir evaluasi sebelum siklus 37%, pada siklus I sebesar 51%, dan pada siklus II mencapai 86%. Selain meneingkatkan kreativitas belajar IPA, berdampak pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum ada tindakan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 24% atau 6 siswa, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 40% atau 10 siswa, dan pada siklus II persentasi ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 96% atau 24 siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kreativitas belajar IPA pada siswa kelas V SDN Dukuhmulyo 02 Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas;belajar;IPA;metode;Kooperatif;Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:11
Last Modified: 31 Oct 2021 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27002

Actions (login required)

View Item View Item