Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV Di SDN Langgenharjo 01 Tahun 2013/2014

Supraya, Edi and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV Di SDN Langgenharjo 01 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_pdf.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_depan.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lmapiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media gambar seri pada siswa kelas IV di SD Negeri Langgenharjo 01 Tahun 2013/2014. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Langgenharjo 01 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur penelitian meliputi: permasalahan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis diskriptif komperatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita pendek. Sebelum pelaksanaan tindakan kemampuan menulis cerita pendek siswa rendah. Rata-rata nilai kemampuan menulis cerita pendek siswa hanya 61,9. Setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I maka kemampuan menulis siswa meningkat menjadi 73,5. Pada Siklus II kemampuan menulis siswa meningkat lagi, menjadi 86,9. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Neger Langgenharjo 01 tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Cerita Pendek, Media Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2013 11:28
Last Modified: 31 Oct 2021 07:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27001

Actions (login required)

View Item View Item