Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Snow Balling (Bola Salju) Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Prihatin, Eny and , Drs. Suwarno, M Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Snow Balling (Bola Salju) Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika melalui strategi snow balling. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Gelur pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas IV SDN Gelur yang berjumlah 11 siswa dan obyeknya adalah kemampuan berhitung serta strategi snow balling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator kemampuan berhitung matematika adalah sebagai berikut:(1) menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis; (2) menjelaskan langkah atau memberi alasan terhadap penyelesaian soal ; (3) menggunakan cara induktif dalam mengenal dan memprediksi suatu pola soal; (4) menyatakan soal cerita dengan menggunakan bahasa sendiri atau menerjemahkannya; (5) menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh penyelesaian soal; (6) mengenal prosedur pemecahan yang benar dan tidak benar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas IV SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi snow balling. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berhitung siswa rendah dengan presentase 35%. Pada siklus I terdapat kemampuan berhitung siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berhitung siswa 57% dan pada siklus II kemampuan berhitung siswa sangat baik dengan presentase 87%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berhitung siswa dengan penerapan strategi pembelajaran snow balling.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan berhitung, strategi snow balling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:54
Last Modified: 31 Oct 2021 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26999

Actions (login required)

View Item View Item