Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Profesionalisme Mengajar Pada Guru

ALAFGANI , MEHMED SADIQ WARISMAN (2013) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Profesionalisme Mengajar Pada Guru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (470kB)

Abstract

Keprofesionalan guru merupakan harapan pemerintah, masyarakat, dan orangtua, sebab berhubungan dengan keberhasilan belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Dukungan social yang ada di lingkungan kerja pada intinya akan mampu meningkatkan produktivitas hidup sebagai upaya pembentukan sikap kerja yang professional, termasuk lingkungan pendidikan sehingga dapat mencetak guru yang professional. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui : 1) Mengetahui ada hubungan antara dukungan sosial dengan profesionalisme mengajar guru. 2) Mengetahui peran antara dukungan sosial terhadap profesionalisme mengajar guru. 3) Mengetahui kondisi dukungan sosial. 4) Mengetahui kondisi profesionalisme mengajar guru. Populasi dalam penelitan ini adalah para guru SLTA di seluruh kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, yakni: SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMK Negeri 1, berjumlah 198. Adapun bentuk pengambilan sampel dalam penelitian dengan purposive, cara pengambilan sampelnya berdasarkan ciri-ciri tertentu, dengan guru berjumlah sebanyak 88. Ciri-ciri tersebut adalah: (a) Guru yang sudah mempunyai masa kerja di atas 5 tahun. (b) Guru tersebut mempunyai tingkat pendidikan minimal Strata 1. (c) Guru tersebut sudah tersertifikasi. Di dalam penelitian ini teknik pengambilan sampelnya diambil secara non random. Ada dua skala yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu skala profesionalisme mengajar pada guru dan skala dukungan sosial. Metode analisis data yang ditetapkan pada penelitian ini adalah analisis statistik. Statistik yang digunakan dalam metode ini adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan profesionalisme mengajar pada guru. Artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial maka semakin tinggi pula tingkat profesionalisme mengajar pada guru dan sebaliknya, semakin rendah tingkat dukungan sosial maka semakin rendah pula tingkat profesionalisme mengajar pada guru. (2) Dukungan sosial berperan terhadap profesionalisme mengajar pada guru sebesar 28%. (3) Keadaan dukungan sosial di SMA Negeri 3, SMA Negeri 1, dan SMK Negeri 1 Sukoharjo pada umumnya sedang. (4) Keadaan profesionalisme mengajar pada guru SMA Negeri 3, SMA Negeri 1, dan SMK Negeri 1 Sukoharjo pada umumnya sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial dan profesionalisme mengajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:35
Last Modified: 15 Dec 2013 02:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26990

Actions (login required)

View Item View Item