Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur

Supono, Supono and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Siswa Kelas V SDN Gelur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar Matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gelur dengan jumlah siswa 14 siswa terdiri dari 9 putra dan 5 putri,dan guru kelas V SDN Gelur. Obyek penelitian ini adalah peningkatan kreativitas belajar siswa dan Creative Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi,tes, dan dokumentasi,. Indikator kreativitas belajar Matematika adalah sebagai berikut: (1) rasa ingin tahu; (2) minat,ulet dan tekun dalam mangarjakan soal (3) daya imajinasi kuat. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa kelas V SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Creative Problem Solving. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreatifitas siswa rendah dengan presentase 29%. Pada siklus I terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 64% dan pada siklus II kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 85%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran CreativeProblem Solving.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kreativitas belajar Matematika, Creative Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:12
Last Modified: 31 Oct 2021 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26986

Actions (login required)

View Item View Item