Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Audit Di Lingkungan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Inspektorat Tingkat Kabupaten atau Kota di Surakarta)

Saputri, Ika (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hasil Audit Di Lingkungan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Inspektorat Tingkat Kabupaten atau Kota di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh independensi, objektivitas, pengalaman kerja, pengetahuan serta integritas auditor terhadap kualitas hasil audit di lingkungan pemerintah daerah. Kualitas hasil kerja berhubungan dengan seberapa baik sebuah pekerjaan mampu diselesaikan dan kemudian dibandingkan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Untuk auditor, kualitas kerja dilihat dari kualitas audit yang dihasilkan yang dinilai dari seberapa banyak auditor memberikan respon yang benar dari setiap pekerjaan audit yang diselesaikan. Penelitan ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Inspektorat Kabupaten/Kota di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 32 auditor yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data uji kualitasnya dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan R², serta uji data. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: (1) faktor ondependensi, objektivitas, pengalaman, pengetahuan dan integritas berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit. Terbukti dari hasil analisis regresi ganda yang memperoleh Fhitung > Ftabel (32,348 > 2,60) dengan nilai p<0,05 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya semakin tinggi integritas auditor, semakin objektif auditor dalam bekerja, semakin banyak pengalaman kerja, semakin banyak pengetahuan dan semakin tinggi integritas auditor maka semakin baik kualitas hasil audit yang dilakukannya; (2) Faktor independensi, objektivitas, pengalaman kerja, pengetahuan serta integritas auditor berpengaruh sebesar 83,5% terhadap kualitas hasil audit di lingkungan pemerintah daerah. Terbukti dari hasil uji koefisien determinasi yang memperoleh nilai Adjusted R² sebesar 0,835, sedangkan sisanya 16,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: independensi, objektivitas, pengalaman kerja, pengetahuan, integritas, kualitas hasil audit.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2013 09:20
Last Modified: 03 Dec 2013 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26973

Actions (login required)

View Item View Item