Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Metode Penugasan Dan Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Galiran Tahun 2013/ 2014

Kurniawan, Dwi and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Metode Penugasan Dan Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Galiran Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (551kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui metode penugasan dan penggunaan media gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SD Negeri Galiran yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana.Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan Wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi belajar IPS siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indikator peningkatan motivasi belajar siswa sebelum tindakan 52% pada siklus I sebesar 72% dan pada siklus II mencapai 92%.. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Penugasan dan penggunaan media gambar mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA SD Negeri Galiran tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :motivasi; belajar; metode; penugasan; media; Gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:29
Last Modified: 31 Oct 2021 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26957

Actions (login required)

View Item View Item