Meningkatkan Minat Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas V SDN Jimbaran 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Nastiti, Nia Sari and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Minat Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas V SDN Jimbaran 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN. Jimbaran 02 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Adapun jumlah siswa kelas V sebanyak 13 siswa (7 putra, 6 putri). Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari data yang diperoleh melalui tes tertulis. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi terhadap minat siswa dan kegiatan guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPA dari pra siklus 44 %, siklus I naik menjadi 60 % dan siklus II naik menjadi 77 %. Untuk mengetahui minat siswa melalui metode diskusi kelompok digunakan indikator minat belajar siswa sebagai pedoman guru antara lain perasaan senang terhadap mata pelajaran, perhatian dalam belajar mata pelajaran IPA, objek, aktif, dan ketertarikan terhadap mata pelajaran IPA

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar siswa, metode diskusi kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:09
Last Modified: 31 Oct 2021 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26956

Actions (login required)

View Item View Item