Analisis Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Simetris, Budaya Dan Komitmen Organisasi Terhadap Budgetary Slack Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Wonogiri

Kameliawati, Meva and , Dra. Nursiam, M.H., Ak., CA (2013) Analisis Pengaruh Partisipasi Anggaran, Informasi Simetris, Budaya Dan Komitmen Organisasi Terhadap Budgetary Slack Pada Rumah Sakit Di Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui partisipasi anggaran, informasi simetris, budaya dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap Budgetary slack pada Rumah Sakit di Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang menyusun anggaran pada Rumah Sakit di Kabupaten Wonogiri dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan penyusun anggaran Rumah Sakit yang berada di wilayah Wonogiri. Sedangkan dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling adapun kriterianya adalah karyawan yang menyusun anggaran yang telah menduduki jabatannya selama minimal satu tahun dan bersedia menjadi responden. Berdasarkan hasil uji t diperoleh variabel partisipasi anggaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budgetary slack, variabel informasi asimetri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budgetary slack, variabel budaya organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budgetary slack dan variabel komitmen organisasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap budgetary slack. Sedangkan hasil uji F diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 20,464 > 2,84 dan nilai signifikansi = 0,000 <  = 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak, sehingga variabel partisipasi anggaran, informasi asimetri, budaya organisasi dan komitmen organisasi mempunyai pengaruh secara bersama-sama dan secara signifikan terhadap budgetary slack. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi dengan adjusted-R2 sebesar 0,672. Hal ini berarti bahwa 67,2% variasi variabel budgetary slack dapat dijelaskan oleh partisipasi anggaran, informasi asimetri, budaya organisasi dan komitmen organisasi sedangkan sisanya yaitu 32,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Informasi Simetris, Budaya dan Komitmen Organisasi dan Budgetary Slack
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:48
Last Modified: 04 Nov 2021 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26940

Actions (login required)

View Item View Item