Analisis Pengaruh Pengalaman Usaha Dan Pemberian Kredit PD. BPR Giri Sukadana Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Kabupaten Wonogiri

AGUSTINA, DELLA (2013) Analisis Pengaruh Pengalaman Usaha Dan Pemberian Kredit PD. BPR Giri Sukadana Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengalaman usaha dan pemberian kredit PD. BPR Giri Sukadana terhadap pendapatan pedagang kecil di Kabupaten Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dijadikan bahan masukan dan pertimbangan PD. BPR Giri Sukadana dalam meningkatkan pelayanan bagi para nasabah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Wonogiri yang mengambil kredit dari BPR Giri Sukadana. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang pedagang kecil dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pengaruh pengalaman usaha dan pemberian kredit PD. BPR Giri Sukadana terhadap Pendapat Pedagang Kecil di Kabupaten Wonogiri diketahui bahwa untuk pengaruh pengalaman usaha terhadap pendapatan pengusaha kecil di Kabupaten Wonogiri diperoleh nilai thitung sebesar 3,629 dengan p= 0,001. Oleh karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa p < 0,05 maka H0 ditolak, artinya pengalaman usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha kecil di Kabupaten Wonogiri. Pengaruh pemberian kredit terhadap pendapatan pengusaha kecil di Kabupaten Wonogiri diperoleh nilai thitung sebesar 4,707 dengan p = 0,000. Oleh karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa p < 0,05 maka H0 ditolak, artinya pemberian kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha kecil di Kabupaten Wonogiri. Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 68,047 > 3,23 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak berarti menerima Ha, hal ini berarti bahwa pengalaman usaha dan pemberian kredit secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengusaha kecil di Kabupaten Wonogiri, sehingga pemilihan pengalaman usaha dan pemberian kredit sebagai variabel prediktor dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dengan bantuan program SPSS 18.0 for windows, dalam analisis regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,743. Hal ini berarti variasi perubahan pada pendapatan pengusaha kecil di Kabupaten Wonogiri 74,3% dapat dijelaskan oleh perubahan pada pengalaman usaha dan pemberian kredit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengalaman usaha, pemberian kredit, pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:14
Last Modified: 28 Nov 2013 12:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26935

Actions (login required)

View Item View Item