Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan, Kesadaran, Dan Karakteristik Personal Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali)

Larasati, Leningrat Dyta and , Dr. Triyono, SE, M.Si (2013) Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan, Kesadaran, Dan Karakteristik Personal Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Wajib pajak diperkirakan tidak memiliki waktu untuk menyampaikan SPT pada saat keadaan perekonomian mereka menurun, para petugas yang tidak tegas dalam menerapkan sanksi perpajakan pada wajib pajak yang melanggar peraturan perpajakan dan wajib pajak masih belum sadar atas kewajiban mereka dalam membayar pajak kepada Negara atas pelaporan SPT tidak tepat waktu berakibat menghambat pembangunan Negara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi wajib pajak atas sanksi perpajakan, kesadaran dan karakteristik wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Boyolali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan pengujian terhadap teori-teori melalui pengukuran variabelvariabel yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Unit analisis dalam pengujian ini adalah Wajib Pajak yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi Wajib Pajak Tentang Sanks i Perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,100 > a= 0,05 oleh karena itu H1 tidak terbukti atau ditolak. (2) Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pe laporan wajib pajak orang pribadi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,044 < a= 0,05 oleh karena itu H2 terbukti atau diterima. (3) Karakteristik Wajib Pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi variabel tingkat pendidikan 0,220 > 0,05 oleh karena itu H3 tidak terbukti atau ditolak. Variabel penghasilan 0,242 > 0,05 itu berarti H4 tidak terbukti atau ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanksi Perpajakan, Kesadaran, Karakteristik, Kepatuhan, Wajib Pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:00
Last Modified: 04 Nov 2021 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26931

Actions (login required)

View Item View Item