USAHA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ ( PTK di SMP Negeri I Banyudono Pokok Bahasan Sudut dan Garis Sejajar )

KURNIAWATI, ENI (2008) USAHA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ ( PTK di SMP Negeri I Banyudono Pokok Bahasan Sudut dan Garis Sejajar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040146.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
A410040146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembelajaran koperatif tipe team quiz, 2) sejauhmana peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe team quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri I Banyudono yang berjumlah 40 siswa. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru matematika. Sedang yang membantu peneliti dalam perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan adalah guru matematika kelas VII F serta wakil kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, review dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran kooperatif tipe team quiz berjalan baik pada putaran terakhir, dimana siswa terlibat aktif dalam presentasi materi dan tanya jawab, sedang hambatanya adalah terbatasnya waktu yang tersedia dalam pembelajaran dan kurang meratanya pembentukan kelompok,(2) keaktifan siswa kelas VII F mengalami peningkatan melalui pembelajaran kooperatif tipe team quiz. Adapun peningkatanya adalah sebagai berikut: (a) Siswa yang bertanya sebelum dikenai tindakan sebesar 7,5%, dan pada putaran terakhir mencapai 42,5%;(b) Siswa yang menjawab pertanyaan sebelum dikenai tindakan sebesar 12,5%, dan pada putaran terakhir mencapai 45%;(c) Siswa yang mengeluarkan ide sebelum dikenai tindakan sebesar 2,5%, dan pada putaran terakhir mencapai 20%;(d) Siswa yang mengerjakan PR sebelum dikenai tindakan sebesar 75%, dan pada putaran terakhir mencapai 92,5%. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe team quiz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran kooperatif tipe team quiz
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 08:14
Last Modified: 16 Nov 2010 20:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item