Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun Ajaran 2013/2014

Wahyuningsih, Utami and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_pubikasi.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS melalui metode STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-September. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Jetak yang berjumlah 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dan aktivitas belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi: identifikasi masalah, perencanaan, penyusunan program tindakan, pelaksanaan tindakan (Siklus I dan II), pengamatan, dan analisis serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan aktivitas belajar siswa rendah. Siswa yang mencapai KKM IPS hanya 48%. Setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I maka aktivitas siswa meningkat menjadi 67% dan siswa yang mencapai KKM IPS meningkat menjadi 74%. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa meningkat lagi menjadi 94% dan siswa yang mencapai KKM IPS juga ikut meningkat menjadi 96,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Metode STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014 pada materi kenampakan alam Kabupaten Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2013 11:40
Last Modified: 27 Oct 2021 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26927

Actions (login required)

View Item View Item