Pengaruh Latihan Plyometric Terprogram Terhadap Tingkat Kelincahan Atlit Bulutangkis di Persatuan Bulutangkis Kusuma Klaten

Budiyanto, Wahyu and , Totok Budi Santoso , S.Fis , MPH and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis (2013) Pengaruh Latihan Plyometric Terprogram Terhadap Tingkat Kelincahan Atlit Bulutangkis di Persatuan Bulutangkis Kusuma Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Latar Belakang : Kelincahan merupakan salah satu komponen fisik yang menggambarkan seberapa cepat dan akurat seorang atlit bulutangkis dalam mempertahankan shuttlecock menggunakan foot work (langkah kaki). Peningkatan kelincahan dapat tercapai dengan adanya peningkatan power otot tungkai melalui pemberian latihan plyometric terprogram dengan pemanfaatan adaptasi dari jaringan melalui respon stretch – shortening cycle. Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian latihan plyometric terprogram terhadap tingkat kelincahan atlit bulutangkis Kusuma Klaten. Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, menggunakan pre – post test with control design. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada atlit bulutangkis Kusuma Klaten dengan pengambilan sampel 20 atlit (sesuai kriteria inklusi). Sampel dibagi menjadi 2 kelompok dimana pada kelompok perlakuan diberi latihan plyometric terprogram sedangkan pada kelompok kontrol tetap mengikuti latihan seperti biasa. Hasil penelitian : Dalam penelitian ini data merupakan kategori data tidak normal (< 30 ) , sehingga tidak dilakukan uji normalitas data. Uji analisa data menggunkan uji non – parametric, untuk mengetahui pengaruh pre – post test masing – masing kelompok menggunakan wilcoxon dengan hasil pada kelompok perlakuan nilai Sig (p) : 0.005 dan pada kelompok kontrol nialai Sig (p) :0.012 sedangkan untuk mengetahui uji beda pengaruh pre – post test antara kelompok perlakuan dan kontrol menggunakan Mann – Whitney dengan hasil nilai Sig (p) :0.000. Kesimpulan : Hasil kelincahan sebelum dan sesudah penelitian di evaluasi menggunakan Illinois agility test diukur dalam sekala waktu (detik). Hasil menunjukan bahwa latihan plyometric terprogram lebih memberikan pengaruh terhadap tingkat kelincahan atlit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Plyometrics terprogram, kelincahan, Power tungkai
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:39
Last Modified: 20 Nov 2019 02:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26916

Actions (login required)

View Item View Item