Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Corporate Social Responsibilty Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010

Wibowo, Eko Rahayu Pangestu and , Dr. Triyono, SE, M.Si (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Corporate Social Responsibilty Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)

Abstract

Wacana mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi halyang sangat penting seiring dengan tuntutan terhadap perusahaan yang semakin besar. Perusahaan diharapkan mengungkapkan informasi sosial dalam laporan keuangan (laporan tahunan) agar keberadaan perusahaan dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan (sustainable). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh variabel ukuran perusahaan, tipe industri, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) dalam laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur di Indonesia. Dalam penelitian ini data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.go.id) dan Indonesian Capital Market Directory pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008-2010. Penarikan sampel dipilih dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan. Pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa ukuran perusahaan, tipe industri, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility). Secara parsial hanya variabel ukuran perusahaan (size) dan leverage yang berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility), sedangkan variabel tipe industri dan profitabilitas tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility). Dari hasil analisis regresi diperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 40,9 %, sehingga 59,1 % variabel pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) dalam penelitian ini dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Oleh sebab itu, bagi peneliti berikutnya dapat menambah variabel independen lain terkait dengan pengungkapan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) dengan harapan hasil penelitian menjadi lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility), ukuran perusahaan, tipe Industri, leverage, dan profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Nov 2013 11:48
Last Modified: 04 Nov 2021 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26907

Actions (login required)

View Item View Item