Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dan Konvensiaonal Antara Bank BNI Syariah Dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Periode 2007-2011

Roidhah, Devi Zawaidur and , Drs. Agus Muqorrobin, M.M. (2013) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dan Konvensiaonal Antara Bank BNI Syariah Dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Periode 2007-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab iII)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Menganalisa kinerja keuangan perbankan syariah jika dibandingkan dengan perbankan konvensional untuk masingmasing rasio keuangan; dan 2) Menganalisa kinerja perbankan syariah jika dibandingkan dengan perbankan konvensional secara keseluruhan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari Laporan keuangan dari perbankan syariah yang diwakili oleh Bank BNI Syariah dan perbankan Konvensional yang diwakili oleh PT. Bank Rakyat Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio keuangan yang berupa rasio permodalan, rasio kualitas aktiva produktif, rasio rentabilitas, dan rasio likuiditas. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji thitung diketahui terdapat perbedaan kinerja keuangan pada rasio CAR, NPL dan LDR secara signifikan antara PT. Bank BNI Syariah Tbk dan PT. Bank BRI Tbk, dan terdapat perbedaan signifikan antara rasio ROA, ROE, dan BOPO secara signifikan antara PT. Bank BNI Syariah Tbk dan PT. Bank BRI Tbk. Diharap kepada peneliti berikutnya untuk meneliti perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indoensia selain perusahaan perbankan syariah dan konvensional, misalnya perusahaan manufaktur, lembaga perbankan konvensional agar dapat diketahui tingkat kesehatan atau dapat mendeteksi adanya kebangkrutan suatu perusahaan atau lembaga perbankan tersebut, di samping itu juga tidak terbatas pada peirode pengamatan, misalnya mengambil periode Lima tahun lebih agar dapat menggeneralisasikan penilaian tingkat kinerja perbankan syariah dan konvensional dalam waktu jangka panjang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan, perbankan syariah, perbankan konvensional
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Nov 2013 07:28
Last Modified: 29 Oct 2021 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item View Item