Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pusat Pendapatan Dan Pusat Biaya Terhadap Kinerja Manajerial (Survey Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi)

Rofisa, Chinthia Nindyawati and , Dr.Erma Setyawati, Ak.,MM (2013) Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pusat Pendapatan Dan Pusat Biaya Terhadap Kinerja Manajerial (Survey Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKSAI.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf

Download (129kB)

Abstract

Anthony dan Govindarajan (1995), mendefinisikan sistem pengendalian manajemen sebagai sebuah proses seorang manajer memastikan bahwa sumberdaya diperoleh dan dipergunakan secara efektif dan efisien dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi. Robert N. Anthony dan Dearden dalam buku Management Control System menyebutkan bahwa sebuah sistem terdiri dari struktur dan proses struktur pengendalian manajemen dapat dinyatakan dalam bentuk unit-unit dalam organisasi dan sifat informasi yang mengalir diantara unitunit tersebut sedangkan proses adalah berkenaan dengan apa yang dilakukan manajer terhadap informasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (a) Menguji pengaruh penerapan struktur pengendalian manajemen pusat pendapatan dan pusat biaya terhadap kinerja manajerial; (b) Menguji pengaruh proses pengendalian manajemen pusat pendapatan dan pusat biaya terhadap kinerja manajerial. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive sampling sejumlah 40 responden. Maka kriteria dalam memilih sampel dalam penelitian ini adalah para pejabat yang berhubungan dengan pusat pertanggungjawaban biaya dan pendapatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS Versi 15 untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan struktur pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial (Survey Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi) dengan nilai thitung > ttabel (2,324 > 2,026) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%), maka H1 diterima; ada pengaruh proses pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial (Survey Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi) dengan nilai thitung > ttabel (3,706 > 2,026) dan nilai probabilitas < 0,05 (taraf signifikansi 5%), maka H2 diterima. Untuk meningkatkan kinerja manajerial maka pihak yang terkait dalam pusat pendapatan dan pusat biaya dalam instansi/organisasi perlu mengetahui bahwa struktur pengendalian manajemen, dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebagai sistem, struktur dan proses sistem pengendalian manajemen keduanya saling berinteraksi, dimana ketercapaian tujuan organisasi dapat tercapai. Salah satu tujuan organisasi ini adalah dapat meningkatkan kinerja organisasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem pengendalian manajemen, kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Nov 2013 12:58
Last Modified: 04 Nov 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item View Item