Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Beli Konsumen Terhadap Merek Sepeda Motor Honda (Studi Kasus di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali)

UTOMO , BUDI (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Beli Konsumen Terhadap Merek Sepeda Motor Honda (Studi Kasus di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
D._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
E._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
F._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
G._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
H._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
I._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
J._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
K._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
B._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan beli konsumen terhadap sepeda motor merek Honda. Untuk membatasi meluasnya permasalahan yang akan diteliti, maka di dalam penelitian ini dibatasi penggunaan variabel bebasnya meliputi: harga, kualitas produk, dan kualitas layananan, serta variabel dependennya adlah keputusan beli atau pembelian oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi lapangan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari 100 responden yang digunakan dalam penelitian ini, dapat digambarkan bahwa konsumen pengguna sepeda motor merek Honda sebagian besar adalah usia produktif, hal tersebut dijelaskan oleh perolehan hasil kuesioner yang menunjukkan sebagian besar responden memiliki kisaran umur 20-40 tahun, sedangkan pengguna sepeda motor merek Honda banyak diminati oleh pedagang/pengusaha karena mengingat tingkat mobilitas yang mereka lakukan sangat tinggi, sehingga kebutuhan akan alat transportasi yang irit BBM, awet, dan murah biaya perawatannya sangat diperlukan. Hal tersebut menjadi acuan untuk nilai kualitas produk yang dihasilkan oleh sepeda motor merek Honda. Dari analisis terhadap data yang diperoleh dari hasil kuesioner, diketahui bahwa Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Beli oleh Konsumen di Kecamatan Ampel terhadap sepeda motor merke Honda. Deskripsi tersebut ditunjukkan oleh perolehan nilai thitung masing-masing variabel bebas (Har ga = 3,646; Kualitas Produk = 4,487; dan Kualitas Layanan = 4,376) lebih kecil daripada ttabel yang digunakan sebagai tolak ukur yaitu 1,960 dengan nilai probabilitas (signifikansi) thitung (Harga = 0,000; Kualitas Produk = 0,000; dan Kualitas Layanan = 0,000) lebih kecil dari tingkat signifikan yang digunakan yaitu (0,05), serta hasil perolehan pengujian dengan teknik uji F yang menunjukkan nilai sebesar 36,051 lebih besar dari nilai F tabel yang ditentukan yaitu 2,06. Sedangkan dari hasil nilai R2 menunjukkan bahwa variabel bebas (Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan) yang digunakan dalam penelitian ini, mampu menjelaskan fungsi dan peranannya terhadap keputusan beli konsumen, sebesar 51,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel ya ng digunakan, seperti contohnya: promosi, refferensi keluarga atau lingkungan, dan lain sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kulaitas Layanan, Keputusan Beli Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:03
Last Modified: 28 Nov 2013 14:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item View Item