Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan-Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Alfatasani, Raditya and , Drs. Sujadi, M.M. (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan-Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui apakah variabel-variabel struktur asset, tingkat pertumbuhan dan profitabilitas mempengaruhi struktur modal secara parsial; 2) Mengetahui apakah variabel-variabel struktur asset, tingkat pertumbuhan dan profitabilitas mempengaruhi struktur modal secara simultan; 3) Mengetahui variabel manakah yang paling dominan dalam mempemgaruhi struktur modal. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 data yang berasal dari perusahaan-perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari kurun waktu tahun 2005 sampai dengan 2009 dan perusahaan tidak sedang mengalami kerugian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling atau pengambilan sampel secara acak dengan criteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikan simultan (Uji-F) dan uji signifikan parsial (Uji-t) serta adjusted R square dengan standard error of estimate yang digunakan sebesar 5% atau 0,05. Hasil penelitian : 1) Secara parsial terdapat pengaruh yang negative dan signifikan antara profitabilitas dengan struktur modal di perusahaan-perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 2) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara ukuran perusahaan dengan struktur modal di perusahaan-perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 3) Variabel yang mempengaruhi struktur modal paling dominan adalah profitabilitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Struktur Aset, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Nov 2013 07:15
Last Modified: 23 Oct 2021 04:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26834

Actions (login required)

View Item View Item