Penatalaksanaan Infra Red Dan Terapi Latihan Pada Kondisi Post Oprasi Fracture Patella Dextra Di RSUD Panembahan Senopati Bantul

Sakti, Setyo Puji Nugroho and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes (2013) Penatalaksanaan Infra Red Dan Terapi Latihan Pada Kondisi Post Oprasi Fracture Patella Dextra Di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (554kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (630kB)

Abstract

Latar Belakang: Fraktur dapat terjadi di ujung tulang dan sendi (intra-arrtikuler) yang sekaligus menimbulkan dislokasi sendi. Fraktur juga dapat terjadi di semua bagian tulang, tidak melainkan dapat dialami patella yang merupakan tulang sesamoid besar yang yang melekat kuat pada perpanjangan otot quadriceps. Sedangkan menurut anatominya, patella adalah tempurung lutut. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa fraktur patella merupakan suatu gangguan integritas tulang yang ditandai dengan rusaknya atau terputusnya kontinuitas jaringan tulang dikarenakan tekanan yang berlebihan yang terjadi pada tempurung lutut. Tujuan: Untuk mengetahui manfaat infra red terhadap pengurangan nyeri dan oedema pada knee pada kasus post fracture patella dextra.,Untuk mengetahui manfaat terapi latihan terhadap peningkatan kekuatan otot hamstring serta quadriceps dan peningkatan lingkup gerak sendi lutut pada kasus post fracture patella dextra.,Untuk mengetahui manfaat dari pemberian modalitas fisioterapi yang diberikan terhadap peningkatkan aktifitas fungsional pada kasus post fracture patella dextra. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment yang disebut juga eksperimen semu dengan desain penelitian pre test dan post test. Penelitian menggunakan data primer dengan cara mengambil data sebelum dan sesudah intervensi Hasil: Diperoleh penurunan nyeri setelah 6 kali terapi, nyeri gerak pada lutut kanan dari 7 menjadi 5, nyeri tekan dari 2 menjadi 1., kekuatan otot meningkat didapatkan hasil LGS sendi lutut kanan bertambah untuk aktif dari T1-T6 =S:0-0- 90 menjadi S:0-0-100, pasif dari T1-T6 S:0-0-120 menjadi 0-0-130., kemampuan fungsional diperoleh hasil dari T1-T6 hasilnya untuk berdiri dari posisi duduk 3 menjadi 1, berjalan 15 meter dari 2 menjadi 2, dan naik tangga 3 trap dari 2 menjadi 2. Kesimpulan: Ada manfaat pemberian infra red dan terapi latihan untuk mengurangi nyeri dan odema pada kasus post oprasi fracture patella dextra.,ada manfaat pemberian terapi latihan untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan lingkup gerak sendi pada kasus post oprasi fracture patella dextra.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Infra red,Terapi latihan Post Oprasi Fracture Patella Dextra
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 12:09
Last Modified: 02 Nov 2021 16:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item View Item