Problematika Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Cabang Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Titissari, Umi Kholifah (2013) Problematika Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Cabang Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (982kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (563kB)

Abstract

Problem belajar pada anak tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, baik itu anak normal maupun anak berkebutuhan khusus seperti anak tuna daksa. Tanpa adanya problem belajar pada siswa maka tidak akan ada penyempurnaan tujuan pendidikan ataupun kurikulum. Sebab pada kenyataannya disamping faktor latar belakang siswa, faktor-faktor lain seperti guru atau metode pembelajaran juga bisa turut mempengaruhi prestasi belajar siswa itu sendiri. Skripsi ini berjudul “Problematika Belajar Pendidikan Islam Pada Anak Penyandang Tuna Daksa Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Cabang Surakarta”. Adapun permasalahan yang ingin dibahas dalam penelitian ini adalah apa saja problematika belajar pendidikan agama Islam yang dihadapi oleh anak penyandang tuna daksa di SLB YPAC cabang Surakarta, dan bagaimana usaha guru dan sekolah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika belajar Pendidikan Agama Islam yang dihadapi oleh anak penyandang tuna daksa di SLB YPAC cabang Surakarta dan mengetahui usaha guru dan sekolah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami peserta didiknya. Manfaat atau kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi penting bagi kalangan akademisi mengenai problematika guru dan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya bagi siswa tuna daksa, sebagai sumbangan pemikiran untuk meningkatkan tujuan pendidikan, dan sebagai dokumentasi bagi peneliti lain dalam rangka mengadakan penelitian lebih lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research), objek penelitian ini adalah siswa SDLB YPAC Cabang Surakarta dan guru pendidikan agama Islam. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan analisis data. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan). Berdasarkan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa tuna daksa SLB YPAC dalam mempelajari pendidikan agama Islam karena bervariasinya latar belakang yang dimiliki siswa berdasarkan kondisi fisiknya juga dari segi intelektualnya. Sedangkan problem yang dialami guru dalam mengajar pendidikan agama Islam yaitu berdasarkan latar belakang pendidikan guru yang kurang tepat dan masalah minimnya ketenagaan guru pendidikan agama Islam di SLB YPAC Cabang Surakarta tersebut. Dengan demikian semoga hasil penelitian dalam skripsi ini bisa memberikan kontribusi positif bagi semua pihak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, anak penyandang tuna daksa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 11:46
Last Modified: 20 Nov 2013 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26821

Actions (login required)

View Item View Item