Pendidikan Kepemimpinan Pada OSTI (Organisasi Santri Ta’mirul Islam) Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Membentuk Karakter Pemimpin

Muhammad, Annis and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Pendidikan Kepemimpinan Pada OSTI (Organisasi Santri Ta’mirul Islam) Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Membentuk Karakter Pemimpin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (667kB)

Abstract

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik diperlukan belajar dan mempraktekkanya. Dalam lingkup dunia pendidikan mempelajari ilmu-ilmu akademik saja tidaklah cukup. Sedangkan untuk menjawab akan tantangan zaman saat ini siswa perlu dibekali ilmu kepemimpinan atau leadership. Untuk mendapatkan ilmu kepemimpinan bagi siswa dapat diberikan melalui kegiatan keorganisasian. Pada organisasi, siswa diberikan wewenang serta tanggung jawab untuk menjalankan organisasi. Adanya organisasi siswa inilah salah satu yang memberikan pengaruh besar pada siswa dalam menimba ilmu tentang kepemimpinan. Pendidikan kepemimpinan melalui organisasi siswa inilah yang juga diselenggarakan di pondok pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dengan nama OSTI (Organisasi Santri Ta’mirul Islam). Karakter seorang pemimpin yang patut diteladani di dalam Islam adalah Rasulullah SAW. Dalam ranah kepemimpinan, Rasulullah SAW mencontohkan karakter amanah, shidiq, tabligh, dan fathonah. Karakter Rasulullah tersebut yang menjadi salah satu dasar karakter pemimpin yang diterapkan pada OSTI dalam berorganisasi di pondok pesantren Ta’mirul Islam. Adapun permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah “bagaimana pendidikan kepemimpinan yang diterapkan pada OSTI sehingga dapat membentuk karakter seorang pemimpin?”. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendidikan kepemimpinan pada OSTI pondok pesantren Ta’mirul Islam dalam membentuk karakter pemimpin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke objeknya. Peneliti mancatat, menganalisis, menafsirkan data yang didapat, melaporkan dan mengambil kesimpulan penelitian yang dilakukan secara langsung ke pondok pesantren Ta’mirul Islam pada kegiatan keorganisasian santrinya yaitu OSTI (Organisasi Santri Ta’mirul Islam). Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa pendidikan kepemimpinan pada OSTI (Organisasi Santri Ta’mirul Islam) dalam membentuk karakter seorang pemimpin terletak pada aplikasi karakter yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam ranah kepemimpinan yaitu: 1) Amanah; dapat dipercaya di dalam menjalankan tanggung jawabnya, sehingga setiap tugas yang diberikan kepada para pengurus OSTI dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. 2) Shidiq; jujur dalam melaporkan laporan pertanggung jawaban di akhir jabatan kepada seluruh anggota maupun pengasuh disertakan bukti autentiknya. 3) Tabligh; menyampaikan kebijakan-kebijakan yang membangun dalam keorganisasian dari hasil musyawarah evaluasi kinerja. 4) Fathonah; memiliki intelektualitas yang tinggi serta profesional dalam mengambil kebijakan dan mengevaluasi kinerja bawahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepemimpinan, OSTI Ta’mirul Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 08:08
Last Modified: 29 Oct 2021 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26812

Actions (login required)

View Item View Item