Penerapan Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Ii Trayu Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Kristiyan, Dewi Linda (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Ii Trayu Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (850kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (358kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui metode demonstrasi dan pemberian tugas dalam anak pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Trayu Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak-anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Trayu yang berjumlah 13 anak. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan metode demonstrasi dan pemberian tugas. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan menghitung pada kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi II Trayu melalui metode demonstrasi dan pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung awal nak kelompok B TK Pertiwi Trayu mengalami peningkatan. Kondisi awal (pra siklus) kemampuan berhitung awal yang kategori mampu 57.69%. Setelah tindakan pasca siklus I meningkat menjadi 70%. Kemudian pasca siklus II meningkat menjadi 90% berarti telah mencapai indikator 80%. Kesimpulan adalah dengan penerapan metode demonstrasi dan pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan berhitung awal pada anak TK Pertiwi II Trayu Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Metode Demonstrasi, Metode Pemberian Tugas, dan Siklus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2013 11:05
Last Modified: 18 Nov 2013 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26797

Actions (login required)

View Item View Item