Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2007-2009)

Aryanto, Ardhi Agung and , Dr. Fatchan Achyani, S.E, M.Si (2013) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Periode 2007-2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan informasi yang penting bagi calon investor untuk mengetahui kinerja dari suatu perusahaan. Kinerja manajemen dan kegiatan operasional yang baik dapat meningkatkan laba bersih sehingga membuat harga per saham menjadi tinggi. Semakin baik kinerja keuangan yang diperoleh, maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya pengaruh kinerja keuangan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada persusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang termasuk dalam kelompok industri manufaktur yang telah terdaftar di BEI. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling yang berarti pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 34 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), dan Net Profit Margin (NPM). Metode analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa dari hasil uji t dapat diketahui kinerja keuangan yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah variabel return on asset (ROA). Sedangkan variabel Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,345. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 34,5% variasi dari nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel kinerja keuangan yang meliputi return on equity, return on asset dan net profit margin. Sedangkan sekitar 65,5% lainnya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model seperti Debt to equity ratio, current ratio dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROE, ROA, NPM, Tobinsq
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2013 06:57
Last Modified: 04 Nov 2021 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item