Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Tambak Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Puntorini, Endang and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si. (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Tambak Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (488kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk meningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf pada anak kelompok B TK Pertiwi I Tambak tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi I Tambak semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Adapun jumlah anak didik kelompok B adalah 21 anak. Penelitian ini bersifat kolabolator antara peneliti dengan kepala sekolah yang juga selaku guru kelas. Data dikumpulkan melalui observsi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi data. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak, dari kondisi kemampuan membaca prasiklus sebesar 40,47%, dan pasca siklus I sebesar 70,47% kemudian pasca siklus II mencapai 85,71%. Keberhasilan peningkatan kemampuan membaca permulaan ini didukung oleh media permainan kartu huruf dan metode pendukung yaitu belajar sambil bermain serta telah memenuhi standar indikator kinerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi I Tambak, Mojosongo, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca permulaan, permainan kartu huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2013 09:03
Last Modified: 01 Nov 2021 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item