Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Jiwo Wedi Klaten Tahun 2013/2014

Nugroho, Eko and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Jiwo Wedi Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_041.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SDN Jiwo tahun 2013/2014.Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Jiwo yang terdiri dari 14 siswa,dengan rincian laki-laki 8 dan perempuan 6. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.Guru kelas dan kepala sekolah bersama peneliti senantiasa berupaya memperoleh hasil yang optimal. Analisis data untuk kedua data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukandengan deskriptif komparatif,yaitu membandingkan hasil pengamatan terhadap aktifitas belajar dari kondisi awal,siklus I dan siklus II.perbandingan juga dilakukan terhadap nilai tes kondisi awal, siklus I dan siklus II,kemudian di refleksi.Hasil penelitian menyimpulkan yaitu: (1) penerapan metode demonstrasi meningkatkan aktivitas belajar matematika. Hal ini ditunjukan adanya kemajuan pada aktivitas siswa dalam kelas, pada pra siklus (53,1%)siswa melakukan aktifitas,pada silkus I (68%) siswa melakukan aktivitas, siklus II (80,5%) melakukan aktifitas, (2) penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika, ini ditunjukan pada hasil tes. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 69 siklus I meningkat menjadi 75 siklus II meningkat menjadi 84,5.ketuntasan dari kondisi awal 45% dan kondisi akhir 100% berarti ketuntasan naik 55% pada kondisi akhir(siklus II).Dengan bukti penghitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Jiwo, Wedi, Klaten Tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktifitas,hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2013 07:02
Last Modified: 27 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26780

Actions (login required)

View Item View Item